SOLOPOS.COM - PLN menjaga keandalan listrik di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta termasuk kepulauan Karimunjawa sebagai wilayah kepulauan terluar dari Jawa Tengah.(Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Selama perayaan Iduladha 1445 Hijriah, PLN menjaga keandalan listrik di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta termasuk kepulauan Karimunjawa sebagai wilayah kepulauan terluar dari Jawa Tengah (Jateng).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyatakan, berdasarkan proyeksi konsumsi daya di Jawa Tengah dan DIY selama periode Iduladha, pasokan daya yang dimiliki PLN cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Promosi Telkom Dukung Startup untuk Berkontribusi dalam Pengembangan IKN

Soffin menambahkan, pengamanan kelistrikan juga dilakukan hingga pulau terluar Jawa Tengah, meliputi Pulau Karimun Jawa, Pulau Parang, Pulau Genting, Pulau Nyamuk dengan ketersediaan pasokan energi rata-rata di atas 36 hari operasional (HOP).

“Kondisi pasokan listrik saat ini di Jateng DIY aman, dengan prediksi beban puncak tertinggi selama bulan Juni 5.354 MW dan cadangan daya 2.877 MW atau masih 34%,” ujar Soffin dalam keteranga tertulis.

Sebelum memasuki masa siaga Iduladha yang berlangsung dari 16 hingga 18 Juni 2024, PLN telah bersiap dengan melakukan inspeksi dan pemeliharaan aset secara preventif untuk memastikan kondisi jaringan distribusi listrik aman.

Dalam masa siaga, PLN mengerahkan 4.085 petugas siaga yang terdiri dari pegawai, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), petugas pelayanan teknik, petugas Unit Reaksi Cepat, petugas Command Center, hingga petugas keandalan di Gardu Induk yang siaga selama 24 jam memastikan keandalan pasokan listrik ke rumah pelanggan.

Para petugas siaga tersebut dilengkapi dengan 96 unit genset, 46 unit Uninteruptible Power Supply (UPS), 144 Unit Gardu Bergerak (UGB), 14 unit kendaraan SL (Sentuh Langsung) PDKB, dan 316 unit mobil operasional.

Soffin menuturkan, sebanyak 95 posko juga telah disiapkan PLN untuk mengawal keandalan listrik dalam masa siaga ini meliputi 79 Posko Unit Layanan PLN, 13 Posko Unit Pelaksana PLN, 3 Posko Distribution Control Centre (DCC).

“PLN telah menyiagakan 79 Posko yang akan mengawal 322 titik lokasi vital dalam perayaan Idul Adha 1445H meliputi tempat ibadah, kantor instansi pemerintah, pusat transportasi hingga tempat wisata. Dengan ini harapannya supaya masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan tenang,” jelas Soffin.

Terakhir Soffin mengimbau supaya pelanggan dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk mendapatkan kemudahan akses pelayanan kelistrikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya