SOLOPOS.COM - Diplomat Success Challenge (DSC) dan Solopos Media Group mengajak UMKM dari berbagai sektor untuk mengikuti workshop dengan tema Sertifikat Halal, Langkah Mudah, Benefit Melimpah, pada Kamis (2/6/2024) pukul 09.00 WIB sampai selesai melalui platform Zoom.

Solopos.com, SOLO–Label halal pada kemasan menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih produk yang akan dibeli. Adanya sertifikasi halal juga dianggap mampu menambah branding produk.

Saat ini, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner terus bertumbuh. Mengutip laman dinkop-umkm.jatengprov.go.id, pada Jumat (21/6/2024), tidak sedikit pelaku UMKM yang belum mengerti akan manfaat sertifikasi halal untuk produk.

Promosi Telkomsel IndiHome dan Cooltura Gelar Festival Musik dan Budaya di 6 Kota

Padahal, dengan memiliki sertifikat halal, produk UMKM akan lebih diterima di pasaran. Terutama di kalangan konsumen muslim yang membutuhkan produk halal baik di pasar domestik maupun internasional.

Selain itu sertifikat halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Melalui sertifikat halal, produk UMKM telah melewati proses pengujian dan verifikasi ketat untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan halal dan sesuai dengan standar kehalalan yang ditetapkan.

Selain bermanfaat bagi pelaku UMKM, ternyata label halal juga menjadi pertimbangan konsumen. Umumnya konsumen muslim mempunyai beberapa pertimbangan dalam membeli suatu produk. Misalnya ada atau tidaknya logo halal dan informasi produk yang jelas.

Hal ini mengacu dari survei Populix mengenai Insights and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia March 2023 dalam laman populix.co.

Dari 590 responden yang mempertimbangkan label halal sebanyak 75% mengaku merasa aman ketika mengetahui bahwa produk yang akan dibeli memiliki logo halal. Kemudian responden merasa ada jaminan kualitas saat membeli produk berlogo halal.

Dari 424 responden yang tidak mempertimbangkan logo halal, sebanyak 48% mereka merasa banyak produk di Indonesia yang halal tapi tidak dapat memiliki logo halal.

Selain itu mereka juga merasa semua produk di Indonesia itu halal. Kategori produk halal yang paling sering dibeli konsumen adalah makanan dan minuman. Misalnya, makanan instan, minuman instan, bumbu kemasan, dan bahan makanan.

Selain itu banyak konsumen muslim yang biasanya mengecek label halal ketika memesa makanan melalui aplikasi online delivery. Konsumen merasa pihak restoran perlu menampilkan logo halal dalam aplikasi online.

Berdasarkan fenomena tersebut, ekosistem kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) Season 15 bersama Solopos Media Group dan DSC mengajak UMKM dan entrepreneur di Soloraya dan sekitarnya untuk mengikuti sesi workshop yang digelar secara online maupun offline.

Tema workshop yang diangkat harapannya bisa menjawab permasalahan UMKM dan entrepreneur selama ini. Sebanyak tiga sesi workshop akan digelar dengan mengangkat tema utama yakni tentang pentingnya sertifikasi halal untuk UMKM atau entrepreneur, tentang akses permodalan, dan tentang membawa produk UMKM ke pasar global.

Campaign bertajuk Entrepreneur Show Up! Road to 15th DSC ini tidak hanya akan menghadirkan narasumber. Namun juga fasilitator yang akan memberikan one day solutions terkait persoalan yang dihadapi UMKM atau entrepreneur.

Sesi pertama, akan mengangkat tema Sertifikat Halal, Langkah Mudah, Benefit Melimpah dan diselenggarakan secara online pada Kamis (27/6/2024).

Program ini akan menghadirkan narasumber dan fasilitator dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, termasuk bagaimana UMKM berpeluang untuk submit dalam program DSC Season 15.

Bagi UMKM/entrepreneur yang berminat mengikuti sesi ini, bisa mendaftar pada link berikut ini: https://bit.ly/PendaftaranWorkshopOnline_SertifikatHalal

Program inkubasi bisnis paling terkemuka di Indonesia ini terus konsisten melahirkan entrepreneur andal dan selaras dengan perkembangan zaman. Di event ini dan entrepreneur tidak sekadar berkompetisi namun juga membangun jaringan dan belajar mengembangkan bisnis.

Aktivasi ini digelar bukan hanya sebagai jalan bagi mereka untuk bisa berpeluang masuk dalam ekosistem DSC Season 15. Namun juga menjadi campaign dan kontribusi Solopos Medua Group bersama DSC untuk mengembangkan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya