SOLOPOS.COM - Ilustrasi PR. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Di era teknologi serba digital ini, peran public relations (PR) dihadapkan dengan tantangan yang begitu besar.

Perkembangan teknologi membawa sejumlah perubahan, termasuk peran dari PR. Hal ini pun disadari oleh Head of Head of Corporate Affairs GoTo Financial Audrey Petriny. Maka dari itu, dia meminta kepada para praktisi PR agar melihat teknologi sebagai peluang, bukan tantangan.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

“Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini memang jadi tantangan tersendiri untuk praktisi PR, tapi teknologi di era digital juga bisa jadi peluang jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik,’’ ujar Audrey, dalam rilis tertulisnya di laman resmi Humas Indonesia.

Nah, berikut terdapat peluang dan tantangan PR di era digital seperti saat ini.

Peluang dan Tantangan PR di Era Digital

1. Penyebaran Informasi yang Cepat

Di era digital sekarang, penyebaran informasi sangat cepat sehingga sulit dalam mengontrol peredaran berita di media sosial maupun online. Sebagai PR mempunyai peran yang besar untuk mengontrol hal tersebut, jika tidak akan berpotensi merusak citra dan reputasi perusahaan.

2. Profesionalisme dan Etika

Di era digital, tantangan yang dihadapi oleh PR adalah harus bisa menjaga sikap profesional dan etika dalam bertugas sebagai praktisi humas agar lebih proaktif, responsif, dan aware terhadap segala tren informasi yang ada.

3. Riset

Menjadi seorang PR, juga sangat perlu melakukan riset dan hal tersebut sangat mudah dilakukan di era digital seperti saat ini. Hasil riset tersebut bisa untuk menyusun program untuk meningkatkan brand awareness maupun personal branding.

4. Kreatif dan Inovatif

Dengan tetap mempertahankan kode etik PR, seorang praktisi humas dituntut kreatif dan inovatif dalam merespons segala hal di era digital dengan memiliki bekal sebagai konten kreator.

Di era digital seperti saat ini, PR juga harus bisa menjalin kerja sama dengan media massa untuk mengontrol pemberitaan bercitra negatif di digital.

Sebagai perusahaan media massa, Solopos Media Group (SMG) juga memiliki PR Consultant. Layanan tersebut bisa sangat berguna bagi perusahaan dalam menjalankan strategi komunikasi yang tepat dan efektif sehingga tujuan yang dituju terwujud.

Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan layanan PR Consultant di era digital yang penuh tantangan dan peluang ini, bisa menghubungi nomor berikut: https://wa.me/6281221111835.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya