SOLOPOS.COM - RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan Health Talk Program Mindslim "Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Obat" melalui Zoom pada Kamis (13/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Menurunkan berat badan tanpa tergantung pada obat maupun diet ketat adalah impian banyak orang yang ingin mencapai berat badan ideal serta meningkatkan kualitas hidup mereka. Meskipun tampaknya menantang, pencapaian ini bukanlah hal yang mustahil.

Untuk mendapatkan tubuh proporsional, pendekatan yang holistik dan berkelanjutan sering kali lebih efektif dalam jangka panjang dibandingkan metode ekstrem yang hanya memberikan hasil menakjubkan namun sifatnya sementara.

Promosi Jelang HUT ke-59, Telkom Gelar Customer Gathering hingga Beri Bantuan ke UMKM

Terkait hal itu, RS PKU Muhammadiyah Surakarta/Solo menyelenggarakan Health Talk Program Mindslim “Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Obat” melalui Zoom pada Kamis (13/6/2024). Kegiatan itu dilaksanakan sekaligus dalam rangka pengembangan layanan klinik psikologi.

Health Talk Online yang dilaksanakan secara interaktif selama dua jam tersebut menghadirkan narasumber internal dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta, yakni Certified MindSlim Coach sekaligus Psikolog Klinis RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Rina Jayanti.

Acara diikuti 68 peserta dari masyarakat umum dan pelanggan RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang hadir secara online. Pada kesempatan itu, narasumber banyak mengupas tentang bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa diet, obat, maupun jarum suntik tetapi dengan menggunakan pendekatan psikologis, yaitu NLP, Hipnoterapi, dan Coaching.

Dalam paparannya, Rina Jayanti menyampaikan penyebab orang sulit langsing karena ada tiga hal. Pertama yakni program yang keliru (faulty program) tertanam di bawah sadar sejak kecil dari orang tua, lingkungan, mitos, maupun labeling atau judgement.

Kedua adalah obsessive dieting atau makan itu, makan harus jam tertentu, menghitung hitung kalori.

“Sedangkan yang ketiga adalah compulsive over eating, di antaranya emotional eating, craving dan starving, misalnya mengaitkan perasaan nyaman dengan makan, seperti kalau makan harus ada krupuk atau gorengan, menahan lapar dengan sengaja atau tidak sengaja,” jelasnya dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu (15/6/2024).

Rina menguraikan tiga penyebab tersebut dapat diatasi salah satunya dengan lima magic rules dan self hypnosis untuk melangsing.

Adapun, lima magic rules tersebut meliputi:

  1. makanlah ketika lapar fisik biasanya ada sinyal tubuh yang menandai lapar, bukan lapar emosi atau kepingin makan,
  2. makanlah yang betul-betul diinginkan,
  3. makanlah dengan sadar dan perlahan, sadari setiap kunyahan makanan,
  4. berhentilah makan ketika netral,
  5. perbanyak jumlah langkah kaki, bisa dengan berolahraga ringan.

Kabag Pemasaran dan Digital Service RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Iin Ariestin, dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi peserta yang mengikuti acara ini dan mereka menjadi lebih peduli dengan kesehatan tanpa harus “menyiksa” badan untuk dapat langsing.

“Program ini sekaligus merupakan layanan baru Klinik Psikologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan psikolog klinik tersertifikasi mindslim coach yang akan membantu masyarakat dan pelanggan yang membutuhkan solusi ingin langsing sehat tanpa diet dan obat,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya