SOLOPOS.COM - PT Bank Syariah Indonesia (BSI) meraih penghargaan bertajuk Solo Best Brand and Innovations (SBBI) Awards 2024.

Solopos.com, SOLO – Keseriusan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam mengelola platform digital khususnya dalam mendukung branding dan peningkatan penjualan mendapat apresiasi dari pasar Soloraya melalui sebuah penghargaan bertajuk Solo Best Brand and Innovations (SBBI) Awards 2024.

Penganugerahan merek terbaik yang diselenggarakan Solopos Media Group diberikan di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024). SBBI Awards 2024 memotret bagaimana kekuatan brand di pasar Soloraya melalui sebuah metode riset berbasis digital. Metode riset ini digunakan seiring tren transformasi digital yang dilakukan kebanyakan korporasi saat ini.

Promosi Jelang HUT ke-59, Telkom Gelar Customer Gathering hingga Beri Bantuan ke UMKM

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, BSI menyampaikan beberapa program transformasi digital sehingga BSI diterima dengan sangat baik oleh pasar Soloraya. BSI meningkatkan eksistensi branding dan penjualan yaitu dengan mengembangkan bisnis merchant EDC dan QRIS. BSI juga melakukan penambahan ATM dan CRM dengan tampilan baru di lokasi prominent.

Transformasi digital sangat menguntungkan BSI serta nasabah, contohnya yaitu mudahnya pembukaan rekening fully online dengan Online Onboarding (OOB) melalui BSI Mobile. Transformasi tersebut memfasilitasi nasabah untuk membuka rekening BSI dimana pun kapan pun tanpa harus mengunjungi cabang.

Implementasi OOB menghasilkan total user registered sebanyak 6.31 juta user dan pertumbuhan user registered BSI Mobile pun meningkat sebesar 31% dari Desember 2022 hingga Desember 2023.

Dampak positif dari OOB yaitu terjadinya shifting transaction yang semula mayoritas transaksi dilakukan di cabang menjadi digital melalui BSI Mobile. Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk melakukan donasi (Berbagi-Ziswaf) serta menyediakan investasi emas (e-mas) serta pembiayaan KTA (Mitraguna), kendaraan (BSI OTO) dan emas (Cicil Emas dan Gadai Emas).

Terkait engagement dengan pasar melalui platform-platform digital, BSI menyampaikan engagement dibangun melalui aplikasi mobile banking yang user friendly (BSI Mobile). BSI memfasilitasi layanan fitur islami antara lain reminder waktu salat, arah kiblat, Juz Amma, Al-Quran dan lainnya untuk nasabah BSI.

Selain itu, BSI sangat aktif di media sosial dengan konten edukatif dan interaksi responsif serta menyediakan informasi dan layanan online di website resmi. BSI juga menjalankan kampanye iklan digital, meningkatkan visibilitas melalui SEO dan SEM, dan menggunakan chatbot untuk layanan pelanggan 24/7.

Edukasi keuangan dilakukan melalui webinar dan konten video, sementara kolaborasi dengan platform e-commerce dan ?ntech memudahkan transaksi dan menawarkan promo menarik, semuanya untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas nasabah.

BSI juga terus membangun citra positif di dunia digital melalui tiga value proposition pada aplikasi BSI Mobile. Misalnya, sebagai industri financial, BSI Mobile hadir sebagai aplikasi mobile banking yang reliable untuk memfasilitasi seluruh transaksi yang dibutuhkan nasabah BSI. Di bidang sosial, BSI Mobile menghadirkan fitur Berbagi-Ziswaf untuk mempermudah nasabah melaksanakan zakat, infak, sedekah, wakaf serta donasi lainnya.

Sedangkan di bidang spiritual, unique selling proposition BSI terletak pada fitur layanan Islami yang dapat digunakan nasabah dalam keseharian yaitu reminder waktu salat, lokasi masjid, arah kiblat, juz amma, asmaul husna dan lain-lain.

Membangun citra positif, bukan berarti dunia digital akan terhindar dari sentimen negatif. BSI berupaya untuk terus memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, salah satunya dengan mengoptimalkan layanan customer care dan layanan aduan untuk menerima dan menindaklanjuti kendala yang dialami nasabah BSI. “BSI juga terus mengembangkan inovasi dan teknologi serta meningkatkan reliabilitas agar nasabah dapat mengakses layanan perbankan dengan lebih cepat dan efisien,” tulis BSI dalam siaran persnya.

Terkait riset berbasis digital seperti yang SBBI Awards 2024 lakukan, BSI berpendapat riset tersebut membawa manfaat yang besar bagi BSI, salah satunya yaitu sebagai bahan dasar untuk improvement dan enhancement produk dan layanan BSI. Hasil riset yang diperoleh berupa feedback dari nasabah sangat membantu untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan pelayanan serta memberikan customer experience terbaik bagi nasabah.

Namun, riset tetap harus dilakukan baik secara konvensional maupun digital, karena dengan in-depth interview, kami memperoleh masukan detail dan mendalam dari nasabah sehingga lebih memahami customer journey yang dialami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya