SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online. (Freepik).

Solopos.com, SOLO–Tren berbelanja online produk fesyen di sejumlah marketplace atau lokapasar terus meningkat. Ada beberapa produk lokal favorit yang paling diburu masyarakat yang mayoritas masuk dalam kategori produk fesyen wanita.

Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega, mencatat sepanjang semester I 2024, terdapat kenaikan transaksi sejumlah produk fesyen. Menurutnya, hal ini didorong oleh berbagai kampanye yang berkaitan dengan produk fesyen dan berlangsung di Tokopedia maupun ShopTokopedia.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

“Misalnya Senin Selasa Stylish, Beli Lokal, Promo Guncang, dan masih banyak lagi,” terang Antonia melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (24/6/2024). Antonia menyebut untuk produk fesyen, yang paling laris di Tokopedia, antara lain dress muslim, perlengkapan ibadah, dan outwear wanita.

Selanjutnya atasan muslim, baik blouse, tunik, dan manset, serta pakaian muslim pria, misalnya baju koko, celana sarung, juga mengalami peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat.

“Khusus untuk produk tas, yang paling laris di Tokopedia, antara lain, tas selempang, totebag, shoulder bag, dompet, dan ransel,” tambah dia.

Lebih lanjut Antonia menjelaskan produk fesyen, yang paling laris di ShopTokopedia, antara lain, rok wanita, celana pendek pria, baju tidur wanita, hijab, dan knitwear. Produk fesyen ini rata-rata juga mengalami peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat.

Untuk produk tas, kata Antonia, yang paling laris di ShopTokopedia, meliputi tas belanja, make-up bag, dompet, ransel, dan totebag.

Terpisah, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menilai fitur interaktif Shopee Live telah berkontribusi terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan brand lokal secara signifikan.

Sebanyak 95% UMKM dan brand lokal yang telah bergabung di Shopee Live sejak tahun lalu mengalami peningkatan transaksi signifikan di awal tahun ini.

“Shopee percaya bahwa melalui kerja keras dan kolaborasi strategis, dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi seluruh insan pelaku UMKM serta tentunya para pengguna,” terang Monica dalam keterangannya, Senin.

Pihaknya bertekad terus terlibat dalam upaya memajukan industri UMKM dan brand lokal di Tanah Air sekaligus bersinergi mewujudkan misi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital yang inklusif,

Selama 2023, sambung Monica, lebih dari 500.000 penjual UMKM baru telah bergabung bersama Shopee dengan pertumbuhan pendapatan yang meningkat hingga 30% year over year (yoy) terhitung dari 2020-2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya