SOLOPOS.COM - Panasonic memenangkan penghargaan Best Brand kategori Merek AC dalam Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024, di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024). (Tim Solopos)

Solopos.com, SOLO—Perusahaan elektronik multinasional, Panasonic, meraih penghargaan Best Brand kategori Merek AC dalam ajang penganugerahan Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024, di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024).

“Panasonic sendiri sebenarnya sudah sangat concern terhadap digital. Apalagi sekarang memang setelah pandemi Covid-19 ini digital tumbuhnya sangat luar biasa,” terang Branch Manager Panasonic Gobel Indonesia Cabang Yogyakarta, Karlina Ramadhani, ditemui di sela-sela acara.

Promosi Telkomsel IndiHome dan Cooltura Gelar Festival Musik dan Budaya di 6 Kota

Panasonic kini hadir di beragam platfom digital, misalnya Instagram, Youtube, Facebook, dan lainnya. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, produk Panasonic juga bisa ditemukan di lokapasar atau marketplace.

Menurutnya, digitalisasi yang dilakukan Panasonic juga direspons positif di masyarakat. Banyak konsumen yang menentukan preferensi pemilihan produk yang akan dibeli melalui platform digital.

“Jadi memang masyarakat kita itu sudah sangat concern dan sudah mulai banyak yang pasti membandingkan [produk] lewat misalnya Youtube seperti itu,” terang Karlina.

Namun, dunia digital yang luas juga berimbas beragam sentimen yang muncul. Digitalisasi tentu membuat citra merek yang positif. Tapi terkadang muncul juga sentimen negatif.

Menurutnya, sentimen negatif bisa menjadi feedback untuk bahan evaluasi perusahaan. Setelah melakukan evaluasi, maka dilanjutkan dengan tindak lanjut langsung ke konsumen.

Karlina menilai dalam menjaga reputasi merek, riset digital menjadi pelengkap riset konvensional. Semua metode mempunyai plus minus masing-masing. Walaupun tak lepas dari sentimen negatif, namun cakupan penggunaan riset digital menjadi lebih luas.

Karlina menyebut dengan penggunaan riset digital sebagai metode riset SBBI Awards 2024 membuat data dari konsumen lebih heterogen.

“Menurutku bagus-bagus aja, karena pasti juga konsumennya lebih heterogen. Kami pun juga sebenarnya bisa melihat data yang survei itu dari dealer kami di toko,” ujarnya.

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award merupakan penghargaan yang diberikan Solopos Media Group kepada pemegang merek berdasarkan pilihan konsumen di Solo dan sekitarnya. Acara penganugerahan SSBI Awards tahun ini digelar di Hotel Alila Solo pada Kamis (20/6/2024).

Sebanyak 83 kategori penghargaan diberikan kepada brand jawara di Solo dan sekitarnya, yang terdiri atas 68 kategori Best Brand dan 15 kategori Prestigious Brand. Pemenang dari masing-masing kategori didasarkan pada hasil riset, di mana tahun ini SBBI Awards menggunakan metode riset berbasis digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya