SOLOPOS.COM - Danar Hadi meraih penghargaan Best Brand kategori Merek Batik Terbaik pada ajang Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024 di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024). (Tim Solopos)

Solopos.com, SOLO–Salah satu merek wastra Nusantara asal Solo yang telah lama eksis adalah Batik Danar Hadi. Eksistensi Danar Hadi tidak lepas dari inovasi dan digitalisasi yang dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar.

Pada ajang Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024 di Hotel Alila Solo, Kamis (20/6/2024), Danar Hadi meraih penghargaan Best Brand kategori Merek Batik Terbaik.

Promosi Perluas Akses Kehidupan Desa, Telkom Rekonstruksi Jembatan Gantung di Sukabumi

Area Sales Manager PT Batik Danar Hadi Surakarta, Marina Soemarno, mengakui komitmen Danar Hadi untuk selalu berinovasi. Danar Hadi selalu menjaga kualitas produk batik dengan mengikuti perkembangan zaman serta tren yang ada.

Inovasi ini bertujuan agar Danar Hadi menjadi lebih baik tanpa meninggalkan pakem batik sebagai fondasi utama merek Batik Danar Hadi.

Digital platform sangat berperan penting dalam pengembangan bisnis di masa sekarang. Dengan adanya e-commerce pelanggan Batik Danar Hadi lebih mudah untuk berbelanja dan melihat koleksi terbaru Batik Danar Hadi,” terang Marina.

Menurutnya, platform digital sangat berpengaruh serta membantu perkembangan bisnis. Dengan adanya digital platform tentu semakin memudahkan transaksi konsumen secara daring serta mempersingkat waktu.

“Satu kata penting yaitu konsisten, Batik Danar Hadi bertahan sampai sekarang melewati masa demi masa dengan menjaga konsistensi produk Batik Danar Hadi,” tambah dia.

Pihaknya mengedepankan kepuasan pelanggan serta edukasi positif terhadap pelanggan maupun calon pelanggan baru yang akhirnya menjadi sentimen positif bagi perusahaan. Namun di dunia digital seringkali muncul sentimen negatif dari warganet.

Menurut Marina, setiap sentimen negatif selalu direspons dengan positif untuk bisa menjadi evaluasi Batik Danar Hadi. “Serta kami juga berbenah guna menjaga kepuasan pelanggan loyal Batik Danar Hadi,” ungkapnya.

Penggunaan riset digital sebagai metode SBBI Awards 2024, menurutnya sangat relevan bagi perusahaan.

“Riset digital sangat relevan dengan kemajuan teknologi sekarang yang menjadikan Batik Danar Hadi sebagai Best Brand Batik Soloraya namun survei tatap muka masih kami perlukan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen Batik Danar Hadi,” kata Marina.

Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards merupakan penghargaan yang diberikan Solopos Media Group kepada pemegang merek berdasarkan pilihan konsumen di Solo dan sekitarnya.

SBBI Awards tahun ini menghadirkan 83 kategori penghargaan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan jumlah kategori penghargaan pada SBBI tahun sebelumnya. Jumlah awards pada SBBI tahun ini terdiri atas 67 kategori best brand dan 16 kategori prestigious brand.

Riset yang dilakukan pada SBBI Awards menggunakan konsep brand equity atau kekuatan merek yang diukur menggunakan beberapa variabel, seperti brand awareness, market share, satisfaction, usage, brand loyalty, dan perceived quality. Sedangkan yang membedakan antara riset SBBI 2024 dengan riset SBBI sebelumnya, yakni riset berbasis digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya