SOLOPOS.COM - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaannya PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bertema Balance Nutrition for Geriatric.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaannya PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bertema Balance Nutrition for Geriatric.

Perayaan yang dihadiri oleh sekitar orang 350 orang lansia dari berbagai komunitas di Jabodetabek ini merupakan bentuk kepedulian Kalbe terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat lansia (lanjut usia).

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

“Kalbe memiliki visi untuk Bersama Sehatkan Bangsa, termasuk kaum lansia. Hal ini merupakan bentuk komitmen Kalbe dalamberkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai aktivitas di Hari Lanjut Usia Nasional. Di antaranya, berupa seminar atau talkshowkesehatan, pemeriksaan kesehatan, lomba karaoke lansia, konsultasi dengan ahli gizi, minum minuman bergizi seimbang, serta dimeriahkan dengan doorprize,” ujar residen Direktur PT Finusolprima Farma Internasional, (FIMA) a Kalbe Company, Liliana Susilowati, di Roppongi Lane Tokyo Hub Shopping Town PIK2 dalam keterangan tertulis.

“Pada agenda ini, Kalbe berkolaborasi dengan berbagai komunitas, perhimpunan tenaga kesehatan, serta stakeholder lainnya. Selain di Jakarta, HLUN juga diadakan di Medan,” imbuhnya.

Jumlah orang lansia di Indonesia meningkat setiap tahun, bahkan pada 2045 diperkirakan mencapai seperlima dari total populasi warga lansia di Indonesia. Perawatan pada lansia, yakni pola makan dan pola hidup yang baik, akan mendukung lansia menjadi lebih sehat, kuat, dan produktif. Tujuan tersebut selaras dengan tema HLUN tahun ini, yaitu Lansia Terawat Indonesia Bermartabat.

“Lansia sebagai kelompok umur tertentu dengan berbagai penurunan fungsi tubuh yang dialami, bukan berarti membuat lansia renta. Lansia tetap harus sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial. Kesehatan yang prima pada lansia akan mendukung lansia beraktivitas dengan baik sehingga tetap aktif, produktif, dan menjadi teladan bagi kelompok masyarakat lain,”jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri, Dr. dr. Noto Dwimartutie, Sp.PD-K.Ger.

“Mager alias malas gerak pada lansia tentu tidak dianjurkan. Aktivitas jalan pagi dan berbagai latihan beban dianjurkan sekali untuk menjaga tubuh lansia khususnya untuk mempertahankan kekuatan otot,” tambahnya.

Dijelaskan, kesehatan orang lansia juga harus dibarengi dengan aktivitas fisik dan pola istirahat yang cukup. Juga perlu didukung oleh keluarga yang memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan lansia. Aktor senior Herdin Hidayat dan putrinya, Anesya Anggun, meyakini hal tersebut. Pasangan bapak dan anak ini menjadi teladan kolaborasi baik antara orang tua dan anak.

“Di usia saya yang sudah 65 tahun ini, saya selalu menerapkan pola hidup sehat. Sehat itu investasi terbaik. Dengan sehat, kita bisa beraktivitas dengan baik dan tentunya membuat kita dan keluarga selalu bahagia,”ucap Herdin Hidayat.

“Aku mendukung sekali Papa untuk terus aktif berkarier dan beraktivitas fisik. Walaupun sudah lansia, bukan berarti Papa hanya berdiam diri di rumah. Walaupun aku sudah besar, bukan berarti aku juga meninggalkan orang tua-ku. Kami sering shooting bareng, mengisi kegiatan bareng, bahkan jalan-jalan dan olahraga bareng,” kata Anesya yang juga merupakan artis sekaligus presenter.

Selain dukungan keluarga, lansia juga perlu menjalankan pola hidup yang baik dengan pemenuhan gizi seimbang, seperti beraneka ragam makanan yang sesuai kebutuhan. Di sisi lain, lansia dengan penyakit tertentu perlu memperhatikan makanan apa saja yang harus dibatasi. Misalnya lansia dengan kondisi diabetes harus membatasi makan dan minuman manis. Pemenuhan nutrisi harian untuk lansia menjadi fokus Kalbe demi mewujudkan lansia yang tangguh, sehat, dan kuat.

“Kalbe merayakan HLUN bukan untuk pertama kalinya. Kalbe senantiasa merayakannya setiap tahun sebagai bentuk komitmen meningkatkan kualitas hidup lansia. Selama 30 tahun lebih, Kalbe memiliki Entramix sebagai makanan cair dengan gizi seimbang dilengkapi 100 persen protein hewani. Kalbe juga berinovasi memenuhi kebutuhan lansia yang vegetarian dan lebih suka susu kedelai dengan Entrasoy. Dua produk ini tinggal diseduh, diminum teratur, sehingga lansia mendapatkan manfaat dari komposisi gizinya,” tutup Ahli Gizi sekaligus Brand Owner Entramix & Entrasoy, Airin Levina, S.Gz.

Airin mengatakan, Entramix dan Entrasoy merupakan produk yang terdaftar di BPOM dan dapat diperoleh di sekitar masyarakat, yakni ada di apotek, marketplace, dan toko susu. Entramix memiliki dua varian rasa, yaitu vanila dan cokelat. Sedangkan Entrasoy, memiliki rasa almond soya yang enak dan tidak langu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya