SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Imigrasi Surakarta melayani jemaah haji yang tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (23/6/2024) dini hari.(Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-300 dengan nomor penerbangan GA-6201 mendarat dengan mulus di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, mengantarkan 359 jemaah haji Kloter I Debarkasi Solo, Minggu (23/6/2024) dini hari.

Kedatangan tersebut menandai dimulainya periode kedatangan jemaah haji Debarkasi Solo yang dijadwalkan berlangsung hingga 21 Juli 2024.

Promosi Jelang HUT ke-59, Telkom Gelar Customer Gathering hingga Beri Bantuan ke UMKM

Kantor Imigrasi Surakarta kembali bertugas memberikan layanan keimigrasian bagi jemaah haji yang tiba. Berbeda dengan saat keberangkatan, kali ini seluruh petugas akan ditempatkan di Bandara Adi Soemarmo.

“Petugas kami siap melayani kedatangan jemaah haji dan kru pesawat, serta keberangkatan kru pesawat yang akan menjemput jemaah di Arab Saudi,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko dalam keterangan tertulis.

Meskipun saat ini sedang terjadi gangguan Pusat Data Nasional (PDN), Kantor Imigrasi Surakarta tetap berupaya memberikan pelayanan dengan baik kepada kloter pertama asal Kabupaten Temanggung ini.

“Kami melakukan prosedur pemeriksaan keimigrasian secara manual tanpa mengabaikan standar keamanan dengan mengerahkan semua pegawai yang bertugas dalam shift-nya. Proses pemeriksaan keimigrasian kepada 359 jemaah dan 15 orang kru dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 1,5 jam,” jelas Winarko.

Sebanyak 105 orang pegawai Kantor Imigrasi Surakarta dibagi dalam 6 grup A hingga F yang bertugas bergantian dalam shift 24 jam yang dimulai setiap pukul 19.00 WIB.

Petugas dalam grup dibagi 2 untuk bertugas menerakan cap kedatangan ke jemaah haji secara kolektif dan melakukan pemeriksaan keimigrasian kepada kru pesawat.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Embarkasi Solo. Meskipun ada kendala PDN, kami tetap sigap dan memastikan proses keimigrasian berjalan dengan lancar,” tegas Winarko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya